Lafadz Bacaan Doa Selamat Dunia Akhirat (Doa Sapu Jagad) Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Setiap muslim yang taat menjalankan sholat 5 waktu pasti tahu tentang bacaan doa sapu jagadlafadz doa selamat dunia akhiratDoa selamat dunia akhirat atau ada yang menyebutnya sebagai doa sapu jagad adalah doa yang sering dibaca setelah mengerjakan sholat 5 waktu.

Lafadz Doa Selamat Dunia Akhirat (Doa Sapu Jagad) Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Meskipun lafadz doa selamat dunia akhirat cukup pendek, tetapi makna dari doa ini menurut para ulama mencakup seluruh permintaan manusia, baik urusan dunia maupun urusan akhirat. Selain itu, doa untuk memohon keselamatan di dunia dan keselamatan di akhirat (doa sapu jagad) merupakan salah satu doa yang sering dipanjatkan oleh baginda Rasulullah SAW. 

Dalam sebuah riwayat dijelaskan bahwasanya Rasulullah SAW sangat menyukai doa-doa yang singkat namun penuh makna, seperti halnya doa sapu jagad. Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau berkata: 

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَسْتَحِبُّ الْجَوَامِعَ مِنْ الدُّعَاءِ وَيَدَعُ مَا سِوَى ذَلِكَ
 Artinya :
“Rasulullah SAW menyukai doa-doa yang singkat padat, dan meninggalkan selain itu.” (HR. Abu Daud no. 1482, dikatakan shahih oleh Syaikh Al Albani)

Dalam riwayat lain dijelaskan. Dari Anas bin Malik, beliau mengatakan :
كَانَ أكثرُ دعاءِ النبيّ – صلى الله عليه وسلم – : (( اللَّهُمَّ آتِنَا في الدُّنْيَا حَسَنَةً ، وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً ، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ )) متفقٌ عَلَي
Artinya :
“Doa yang lebih sering diucapkan Rasulullah shallAllahu wa’alaihi wa sallam adalah Allahumma aatina fid dunyaa hasanah, wa fil akhiroti hasanah, wa qinaa ‘adzaban naar (Ya Allah, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah Kami dari adzab Neraka).” (HR. Bukhari no. 4522 dan Muslim no. 2690) 

Dan Allah SWT telah mengabadikan doa ini dalam Al-Qur'an Surat Al-Baqarah ayat 201, dan inilah doa sebaik-baiknya orang muslim. Dan berikut ini lafadz doa selamat dunia akhirat atau doa sapu jagat lengkap dalam bahasa arab,latin dan terjemahannya:

رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
ROBBANAA AATINAA FIDDUN YAA HASANAH, WA FIL AAKHIROTI HASANAH, WAQINAA ‘ADZAA BAN NAAR.
 Artinya :
Ya Allah Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka. (Q.S. Al-Baqarah : 201)

Demikianlah lafadz bacaan doa selamat dunia akhirat atau doa sapu jagad lengkap arab, latin dan artinya yang bisa kamu hafalkan dan kamu amalkan. Semoga kita semua diberi keselamatan dunia dan akhirat dengan mengamalkan doa diatas. Amin.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 Response to "Lafadz Bacaan Doa Selamat Dunia Akhirat (Doa Sapu Jagad) Lengkap Arab, Latin dan Artinya"

Post a Comment