Lafadz Bacaan Niat Sholat Tahajud Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Sholat Tahajud adalah sholat sunnah yg dikerjakan pada waktu sepertiga malam terakhir setelah bangun dari tidur. Jadi utuk melaksanakan sholat tahajud harus tidur terlebih dahulu meskipun sebentar, karena jika tidak maka itu bukan tahajud melainkan termasuk sholat sunnah hajat. Kali ini saya akan share tentang apa lafadz bacaan niat sholat tahajudkeutamaan/keistimewaan sholat tahajud.

Lafadz Bacaan Niat Sholat Tahajud Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Sebelum saya beritahukan tentang lafadz bacaan niat sholat tahajud, alangkah baiknya anda perlu mengetahui apa saja keutamaan/keistimewaan sholat tahajud itu. Sholat tahajud memiliki bnyak keutamaan yaitu sbb:


Keutamaan/Keistimewaan/Keajaiban Sholat Tahajud


1. Mendapatkan Kedudukan Terpuji

Sebagaimana firman Allah dalam surat Al Isra ayat 79 di atas, siapa yg ahli sholat tahajud akan diangkat Allah ke tempat/kedudukan terpuji.

2. Kunci Masuk Surga

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
“Sebarkanlah salam, berilah makan (orang-orang yg membutuhkan), sambungkanlah silaturrahim, dan shalatlah pada malam hari ketika orang lain sedang tidur; niscaya kalian akan masuk surga dngan selamat.” (HR. Tirmidzi)

3. Sholat Sunnah Paling Utama

Tahajud yang juga disebut qiyamul lail atau sholat lail merupakan sholat sunnah yg paling utama. Sebagaimana sabda Rasulullah:
أَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ قِيَامُ اللَّيْلِ
“Sholat yg paling afdhol setelah sholat fardhu adalah sholat malam” (HR. An Nasa’i)

4. Mendapatkan Kemuliaan dan Kewibawaan

Selain mendapatkan kedudukan mulia di akhirat kelak, orang-orang yg ahli shalat tahajud juga akan mendapatkan kedudukan yang mulia di dunia. Allah akan memberinya kemuliaan dan kewibawaan.
وَاعْلَمْ أَنَّ شَرَفَ الْـمُؤْمِنِ قِيَامُهُ بِاللَّيْلِ
“Dan ketahuilah, bahwa kemuliaan dan kewibawaan seorang mukmin itu ada pada shalat malamnya” (HR. Hakim; hasan)

5. Doanya Dikabulkan

Orang yg mengerjakan sholat tahajud kemudian berdoa, insya Allah doanya dikabulkan Allah. Apalagi jika ia melakukannya di sepertiga malam yang terakhir.

6. Kebiasaan Orang Shalih

Sholat ini merupakan kebiasaan orang-orang shalih terdahulu. Maka siapa yg saat ini senantiasa mengerjakannya, maka ia pun tercatat sebagai orang-orang yang shalih sebagaimana mereka.

“Biasakanlah dirimu untuk shalat malam karena hal itu tradisi orang-orang shalih sebelummu, mendekatkan diri kepada Allah, menghapus dosa, menolak penyakit, dan pencegah dari dosa.” (HR. Ahmad)

7. Penghapus dan Pencegah Dosa

Setiap orang pasti memiliki dosa. Dosa-dosa yg kecil bisa berguguran dengan menjalankan sholat sunnah ini sebagaimana hadits di atas.

Yang lebih istimewa lagi, tahajud juga bisa mencegah seseorang dari perbuatan dosa. Orang yg melazimkan tahajud akan mendapatkan taufiq dari Allah Subhanahu wa Ta’ala sehingga dirinya terjauhkan dari maksiat dan dosa.

8. Menolak Penyakit

Di antara keutamaan tahajud adalah menolak penyakit. Dengan izin Allah, orang-orang yg mengamalkan shalat sunnah ini akan dijaga kesehatannya dan dijauhkan dari penyakit. Keutamaan ini telah terbukti secara medis.

Hukum sholat Tahajud adalah sunnah muakkad yg artinya sangat dianjurkan untuk dilaksanakan. Hal ini sesuai dengan hadis nabi yg mengatakan bahwa shalat yang paling utama dikerjakan setelah shalat fardu adalah shalat tahajud. Jumlah raka'at shalat tahajud minimal adalah 2 raka'at dan maksimal tidak terbatas dengan tiap 2 rakaat salam. Jadi shalat tahajud boleh dikerjakan berapa saja tergantung kemampuannya.


Waktu pelaksanaan sholat tahajud yg paling utama dan paling bagus adalah sepertiga malam terakhir hingga mendekati waktu subuh. Jadi sholat tahajud sangat cocok dilaksanakan mulai sekitar Pkl 01.00 hingga menjelang shubuh, karena pada sepertiga malam terakhir tersebut Allah menurunkan rahmatnya dan mengabulkan doa hambanya yg berdoa pada waktu tersebut.


Bacaan Niat Sholat Tahajud Lengkap Arab, Latin dan Artinya


Cara melaksanakan sholat tahajud pada dasarnya hampir sama dngan sholat fardhu 5 waktu. Yg membedakan hanyalah niatnya saja. Berikut ini bacaan niat sholat Tahajud lengkap arab, latin dan artinya:

Ushalliisunnatattahajjudi rak'ataini lillaahita'aalaa
Artinya :
Aku niat sholat sunnah tahajud 2 raka'at, karena allah ta'ala

Demikianlah lafadz bacaan niat sholat tahajud lengkap arab latin dan artinya yg bisa anda hafalkan dan kamu amalkan. Sholat tahajud memiliki banyak keutamaan/keistimewaan, jadi jangan sampai anda melupakan sholat tahajud ya!
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 Response to "Lafadz Bacaan Niat Sholat Tahajud Lengkap Arab, Latin dan Artinya"

Post a Comment