Tata Cara Mengerjakan/Menjalankan Sholat Tahajud Lengkap Dari Awal Hingga Akhir

Sebelum saya share tentang tata cara mengerjakan sholat tahajud, urutan cara menjalankan sholat tahajud lengkap, anda harus mengetahui dulu kapan waktu sholat tahajud itu dikerjakan. Sholat tahajud adalah sholat sunnah yg sangat dianjurkan yang dikerjakan pada tengah malam.

Dalam mengerjakan shalat tahajud ada beberapa waktu yg diutamakan dalam mengerjakan shalat tersebut. Waktu mengerjakan shalat tahajud dibagi sebagai berikut:


- Waktu mengerjakan sholat tahajud yg pertama/sepertiga malam pertama terdapat pada pukul 19.00 s/d pukul 22.00
- Waktu mengerjakan sholat tahajud yg kedua/sepertiga malam kedua terdapat pada pukul 22.00 s/d pukul 01.00
- Waktu mengerjakan sholat tahajud yg ketiga/sepertiga malam terakhir terdapat pada pukul 01.00 s/d masuk waktu subuh. Ini merupakan waktu yang paling utama untuk mengerjakan sholat tahajud.

Hukum menjalankan sholat tahajud adalah sunnah muakad yg artinya sholat sunnah yang sangat dianjurkan. Kenapa ?, karena sholat tahajud memiliki banyak keutamaan atau keistimewaan. 

Lalu Bagaimana cara mengerjakan sholat tahajud ?. Cara mengerjakan sholat tahajud pada umumnya sama dengan sholat 2 rakaat yang lainnya. Yang membedakan hanya niatnya saja. Untuk lebih jelasnya berikut ini tata cara mengerjakan sholat tahajud lengkap dari awal hingga akhir:


Cara Mengerjakan/Menjalankan Sholat Tahajud Lengkap Dari Awal Hingga Akhir 

- Niat
Bacaan Niat Sholat Tahajud :
  Artinya:
Aku niat shalat sunnah tahajjud dua raka’at karena Allah ta’ala.
- Takbiratul ihram, diikuti dengan doa iftitah
- Membaca surat Al Fatihah
- Membaca surata atau ayat Al Qur’an
Suratan boleh apa saja namun sebaiknya bacalah Ayat kursi.
- Ruku’ dengan tuma’ninah
- I’tidal dengan tuma’ninah
- Sujud dengan tuma’ninah
- Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
- Sujud kedua dengan tuma’ninah
- Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua
- Membaca surat Al Fatihah
- Membaca surat atau ayat Al Qur’an
Suratan boleh apa saja namun sebaiknya bacalah surat al-ikhlas.
- Ruku’ dengan tuma’ninah
- I’tidal dengan tuma’ninah
- Sujud dengan tuma’ninah
- Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
- Sujud kedua dengan tuma’ninah
- Tahiyat akhir dengan tuma’ninah
- Salam
Setelah salam kemudian dilanjutkan membaca wiridan/dzikir setelah sholat tahajud seperti berikut:

- Membaca Istigfar sebanyak 100x

Tata Cara Sholat Tahajud & Bacaan Doa Niat Sholat Tahajud

- Membaca Shalawat Nabi Muhammad SAW sebanyak 33x
Tata Cara Sholat Tahajud & Bacaan Doa Niat Sholat Tahajud
- Membaca Tasbih sebanyak 33x
Tata Cara Sholat Tahajud & Bacaan Doa Niat Sholat Tahajud
- Membaca tahmid/alhamdulilah sebanyak 33x.
- Membaca takbir/allahuakbar sebanyak 33x.
- Membaca tahlil sebanyak 33x.
- Kemudian membaca doa setelah sholat tahajud sbb:

اَللهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ 
ALLAAHUMMA LAKAL HAMDU ANTA QAYYIMUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA MALIKUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA NUURUS SAMAAWAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTAL HAQQU, WA WA’DUKAL HAQQU, WA LIQAA’UKA HAQQUN, WA QAULUKA HAQQUN, WAL JANNATU HAQQUN, WANNAARU HAQQUN, WANNABIYYUUNA HAQQUN, WA MUHAMMADUN SHALLALLAAHU ‘ALAIHI WASALLAMA HAQQUN WASSAA’ATU HAQQUN. ALLAAHUMMA LAKA ASLAMTU, WA BIKA AAMANTU, WA ‘ALAIKA TAWAKKALTU, WA ILAIKA ANABTU, WA BIKA KHAASHAMTU, WA ILAIKA HAAKAMTU, FAGHFIRLII MAA QADDAMTU, WA MAA AKH-KHARTU, WA MAA ASRARTU, WA MAA A’LANTU, WA MAA ANTA A’LAMU BIHIMINNII. ANTAL MUQADDIMU, WA ANTAL MU’AKHKHIRU, LAA ILAAHA ILLAA ANTA, WA LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH
 Artinya :
“Wahai Allah! Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Hak (benar),janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar(ada). Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Demikinlah tata cara menjalankan sholat tahajud lengkap dari awal hingga akhir yang bisa andapraktekkan sendiri dirumah. Semoga dengan mengerjakan sholat tahajud, semua masalah hidupmu akan terasa lebih ringan bahkan terselesaikan. Amin.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 Response to "Tata Cara Mengerjakan/Menjalankan Sholat Tahajud Lengkap Dari Awal Hingga Akhir"

Post a Comment